Sabtu, 27 Juni 2015

Tumbuhan Temu Lawak





Temu lawak memiliki kandungan didalamnya yaitu Nutrisi dan Senyawa kimia herbal .Nutrisi dan Senyawa kimia herbal yaitu Minyak atsiri , Karbohidrat , Kurkumin , dan ada beberapa kandungan lebih pada temulawak yaitu kandungan mineral kompleks lainnya .
Temu lawak memiliki nama lain Curcuma xanthorrhiza ,dan temu lawak sendiri tergolong suku temu-temuan . Temu lawak memiliki kandungan yang berfungsi sangat penting untuk tubuh kita yaitu Anti radang , anti keracunan empedu , anti jamur , anti mikroba berbahaya . 

Temu nlawak biasanya diserang oleh hama ,seperti
  1.     Ulat jengkal
  2.   Ulat tanah
  3.   Lalat rimpang
Di indonesia sendiri tanaman temu lawak dijadikan untuk obat atau jamu tradisional yang berkasiat . Ini adalah manfaat yang terdapat pada temu lawak untuk kesehatan ,seperti : 
  1. Menyembuhkan penyakit hepatitis B 
  2. menambahkan nafsu makan
  3. Menjaga organ hati
  4. menyembuhkan penyakit maag
  5. memperbaiki produksi ASI
  6. menghilangkan jerawat dan bekas jerawat 
  7. mengatasi gangguan ginjal 
Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi[1]. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah .

Gaes manfaatkan ya dari tumbuhan Temu lawak dan manfaatkan kasiat dari tumbuhan tersebut .
xanthorrhiza
xanthorrhiza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar