Senin, 22 Juni 2015

Tumbuhan Kapulaga

Kapulaga




Kapulaga sangat berguna untuk rempah-rempah  (Bumbu). rempah-rempah kapulaga biasanya untuk masakan tertentu, obat-obatan bahkan kapulaga ini untuk campuran jamu tradisional . kapulaga saat ini rempah-rempah yang sangat mahal nomer tiga didunia ,selain Saffron dan Vanilla . 

Tanaman kapulaga memiliki nama ilmiah yaitu Elletria Cardamomum. salah satunya tanaman rempah-rempah yang memiliki nilai ekomonis yang sangat tinggi . kapulaga adalah obat alami dari tumbuh-tumbuhan sehingga anda jangan kawatir ,sebab kapulaga tidak mengandung bahan kimia setetespun dan tidak ada efek sampingnya .jadi sangat aman bagi kesehatan tubuh anda ,dibandingakan dengan obat yang memiliki sifat kimiawi . oleh karena itu nilai jual kapulaga sangat berpontensi ,nilai jual yang sangat meningkat ,serta sangat membantu perekonomian masyarakat serta membantu meningkatkan devisa negara .

Tanaman ini memiliki ketinggian sekitar 2-4 meter.secara umun tanaman kapulaga sangat unggul di indonesia pada tahun 1986. 
ini adalah jenis tanaman kapulaga dari india, yaitu 
Tanaman kapulaga jawa , yang  memiliki nama ilmiah yaitu Amomum Cardomomum . dan Tanaman Kapulaga sabrang yang memiliki nama ilmiah yaitu Elettaria Cardomomum. 

Oke langsung saja ya gaes kita membahas tentang kapulaga memiliki manfaat pada mulai Batang ,Buah sampai Rimpangnya .
Seluruh bagian kapulaga direbus sekitar 10-15 menit ,lalu diminum y6ang sangat berkasiat untuk mengobati orang yang lemas dan kurang tenaga ( ORANG KECAPEKAN ) .
Bukan itu saja gaes kasiat dari air rebusan kapulaga , air rebuisan kapulaga mampu mengatasi encok             ( rematik ) ,dan kejang perut. masih banyak bangeet kasiat air rebusan kapulaga yang bermanfaat untuk menurunkan sakit panas , bahkan buah kapulaga yang bermanfaat sebagai penyedap dan penyegar makanan maupun minuman . 

Selain untuk menyedap dan penyegar makanan ,buah kapulaga sangat berkasiat gaes ,bagi menghilangkan rasa sakit seprti :
  1. Rasa gatal pada tengorokkan
  2. pereda penyakit panas 
  3. mengobati salit batuk
Sangat besar bukan kasiat kapulaga .selain buah biji dan batang ,sangat kaya dengan manfaat .
Rimpang Kapulaga sering dipergunakan untuk menghilangkan bau mulut ,sakit panas dan obat batuk .
Keringkan rimpang secukupnya jika sudah kering giling lalu direbus ,air rebusan tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi orang yang kedinginan terutama bertempat tinggal di pegunungan .Bahkan di Amerika kapulaga sangat banyak banget dipergunakan sebagai penyedap dalam pembuatan es krim dan soft drink .

Banyak banget bukan kasiat kapulaga ,okeylangsung saja kita membahas manfaat kapulaga untuk kesehatan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar