Senin, 29 Juni 2015

Tumbuhan Buah Tin




Buah Tin
Buah ini sering digunakan untuk produksi susu, sedangkan bagi orang Arab, mereka sering merebus daun tin sebagai obat untuk mengatasi nyeri menstruasi. Khasiat buah tin ini dihasilkan dari kandungan nutrisinya. Sejumlah nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium ada di dalam buah tin.


Buah tin merupakan buah yang kaya akan gizi karena mengandung molekul gula, vitamin serta mineral.
Buah tin ini sangat banyak jenisnya seperti  Tin jordan , tin ungu , red palestine , red turki , brown turki , negronne , black ischia , libya , black turki , long yellow , panace tiger , dan flanders . sangat banyak banget bukan jenis -jenis buah tin . 

 Buah tin merupakan buah yang berasal dari Asia Barat dan sangat terkenal dalam dunia islam karena merupakan buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Buah yang mempunyai nama latin Ficus Carica ini juag disebutkan di Kitab Suci umat Islam. Dikalangan umat Islam, buah tin dipercaya sebagai buah yang berasal dari surga dan mengandung banyak manfaat yang berguna bagi tubuh. Pada zaman nabi sempat digunakan sebagai bahan untuk dijadikan pakaian.

Kandungan Buah tin sanagt baik untuk kesehatan ,seperti  serat kalium dan zat besi yang tinggi. Dalam 10 gram buah tin terdapat lebih dari 20 % serat, berjenis serat larut. Serat larut dapat menjaga kadar gula dalam darah serta mengurangi kadar kolesterol. Sedangkan serat tidak larut dapat mencegah kanker pada usus besar. Serat yang terkandung dalam buah tin juga bermanfaat untuk menyuburkan sistem reproduksi baik pria maupun wanita.

Buah tin memiliki ukuran 3-5 cm dan berwarna hijau. Beberapa jenis buah tin lain berwarna merah keunguan jiak sudah masak. Berhati-hati lah jika hendak mengambil buah tin karena getah nya bisa membuat kulit menjadi iritasi. Buah tin memiliki rasa dan aroma harum yang mirip dengan buah jambu. Buah tin bertekstur kasat, empuk dan manis. Buah tin memiliki kandungan air yang tidak terlalu banyak dan memiliki banyak biji didalamnya.

Tapi sayangnya buah ini sangat jarang ditemukan ,sebab masih jarang petani yang membudidayakan tanaman tersebut . 

Taukah anda manfaat buah tin ,Buah tin banyak manfaatnya untuk beberapa penyakit dan untuk kesehatan .
Manfaat Buah tin  ,seperti :

  1. Diet 
  2. Untuk menjaga kesuburan 
  3. Anti bakteri , virus dan jamur 
  4. Sistem pencernaan 
  5. Membentuk sek darah mnerah  
  6. Penganti gula 
  7. Penganti susu 
masih banyak lagi ,manfaat buah tin .kenal i beberapa  manfaat pada buah-buahan .  semoga bermanfaat untuk anda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar