Rabu, 24 Juni 2015

Tumbuhan Buah Jamblang




Buah Jamblang tinggi batangnya sekitar 20 meter dan gemangnya mencapai 90cm .Buah jamblang banyak ditemukan di Asia Tropis dan Australia ,baik tumbuh liar maupun di budidayakan. Pohon buah jamblang juga sering ditanami untuk pohon peneduh dipekarangan maupun dikebun, misalnya peneduh tanaman kopi , cengkeh ,dll.Bunga-bunga pohon jamblang sangat baik untuk pakan lebah madu .

Untuk saat ini diindonesia ,pohon jamblang tergolong langka ,sebab diindonesia kurang pembudayaan tumbuhan tersebut , itulah salah satunya faktor kelangkaannya . 

Wah sayang banget ,padahal manfaat buah jamblang sangat banyak.hampir keseluruhan dari buah jamblang berdasarkan penelitian berikut ini manfaatnya 
  1. Pada bagian kulit kayu , sangat bermanfaat pada sipenderita diabetes . karena bagian kulit dapat mengobati penyaklit diabetes .
  2. Pada bagian daun , sangat bermanfaat antara lain Anti virus, Anti inflamasi (menghilangkan penyakit radang , Antioksidan . sangant berperan sebagai menurunkan kadar gula ( Anti diabetes ), menghilangkan alergi , dan mengobati penyakit konstipasi. 
  3. Buah jamblang bermanfaat anti kangker.
  4. Buah ini kaya dengan kandungan Antosianin yang berperan penting untuk antioksidan (Penangkal radial bebas ).
  5. Buah jambalng memiliki warna ungu pada kulit buahnya uyntuk memberikan warna alami yang sanagt dimanfaatkan untuk industri makanan . 

Sangat banyak banget bukan manfaat buah jamblang (Buah Duwet) . bukan itu saja kayu pohon jamblang tergolong jenis kayu yang kuat dan istimewanya kayu tersebut dapat tahan dari kerusakkan oleh Air dan rayap .



Jadi budidayakan ya gaes pohon yang satu ini ,sebab banyak manfaat lain pada buah satu ini jangan sampai punah maupun langka .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar