Jumat, 19 Juni 2015

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan









Daun Kelor adalah Daun kelor yang berbentuk bulat telur yang berukuran kecil-kecil bersusun majemuk dengan satu tangkai daun kelor ini bisa untuk dimakan /dimasak maupun sebagai obat tradisional. Bunga pohon kelor ini sepanjang tahun bermekaran ,tapi bila dicium akan berbau sangat busuk .tapi jangan salah ,manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan .Daun kelor nama ilmiahnya adalah Moringe Oilefera . Di indonesia sendiri sanagt banyak ditemukan ,sebagai pembatas kebun maupun pembatas pagar rumah .  
Dalam masyarakat jawa daun kelor secara mitos untuk mengusir setan,menghilangkan susuk tapi kenyataannya daun kelor berkasiat untuk kesehatan . Tanaman ini berupa pohon kecil yang berketinggian sekitar 8-11 meter. 

 Daun kelor memiliki nutrisi yang sangat baik unuk tubuh . Tahukah anda ...Ujung akar sampai daun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ????........

 1. Akar dari tanaman daun kelor


Akar tumbuhan kelor memiliki rasa yang pedas selain itu akar tumbuhan kelor bisa menambah nafsu makan ,peluruh haid , obat batuk ,dll akar tumbuhan kelor bisa dijadikan saos lombok .
Akar ini dipercaya mampu memulihkan kondisi ibu hamil yang lemah setelah melahirkan dengan cara ditumbuk kemudian dioleskan pada perut.
Akan tetapi terlalu banyak mengonsumsi akar merunggai juga dipercaya bisa menggugurkan kandungan, maka dari itu harus berhati-hati.

   
2.Kulit Batang 




Kulit Batang daun kelor bisa mengobati sariawan , karang gigi ,pembengkakan.selain itu kulit batang daun kelor sebagai penawar racun kalajengking dan ular yang berbisa .kulit batang dari daun kelor sangat ambuh untuk penawar racun hewan . 


3. Buah dari pohon kelor



Buah pohon kelor ,bila dicium sangat berbau busuk . tapi jangan salah buah kelor ini memiliki zat Alkaloida . Alkaloida ini bisa merangsang pada bagian pencernaan makanan .Meskipun baunya sangat busuk tetapi buah ini sangat enek untuk dijadikan masakan maupun sayuran ,dan bila dijadikan masakan rasanya enak dan gurih .

4. Bungga




Bungga daun kelor bermanfaat mengatasi sakit radang tenggorokkan ,cacingan,flu.Bukan buahnya saja yang enak dijadikan masakan maupun sayuran bungga daun kelor juga bisa dijadikan untuk masakan maupun sayuran . 


                                                                     5. Biji Pohon kelor




Biji daun kelor manpu menjernihkan air. Biji daun kelor yang sudah kering sangat mengandung lemak tak jenuh ,sehingga dapat dimanfaatkan salah satu alternatif minyak sawit .selain untuk penjernih air ,biji kelor  bisa dijadikan untuk kosmetik ,obat-obatan dan sebagai minyak nabati. 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar