Jumat, 26 Juni 2015

Tumbuhan Kumis Kucing




Tumbuhan kumis kucing ini memiliki tinggi sekitar 2-3 meter . iya memiliki daun panjangnya sekitar 2-10 cm . meskipun begitu tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ,dapat menyembuhkan penyakit  seperti :
  1. Mengobati radang ginjal 
  2. Mengobati penyakit sipilis
  3. Daunnya untuk mengobati hipertensi 
  4. Mengobati sakit pingang 
  5. Mengobati rematik 
Dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman kumis kucing .Daun Kumis kucing basah maupun kering digunakan sebagai menanggulangi berbagai penyakit, Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis., reumatik dan menurunkan kadar glukosa darah. Selain bersifat diuretik, kumis kucing juga digunakan sebagai antibakteri.

Selama ini tidak ada hama atau penyakit yang benar-benar merusak tanaman kumis kucing. Hama yang sering ditemukan adalah kutu daun dan ulat daun.

Tanaman yang mirip dengan kumis kucing menjadi ciri khas tanaman obat yang satu ini. Jangan melihat bentuknya, karena ternyata tanaman ini banyak manfaatnya dalam mengobati bermacam penyakit. Daun kumis kucing diteliti mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal. Khasiat kumis kucing ini adalah bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit seperti, infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing.

Manfaatkan ya gaes  tanaman ini . jika perlu budidayakan tumbuhan ini  dan jangan samoai langka maupun punah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar