Jumat, 19 Juni 2015

Danau Terbesar Dindonesia



Tahukah anda tentang danau ??????........
Danau adalah cekungan yang dalam ,besar,dan panjang yang dikelilingi oleh daratan .air danau bisa juga air asin dan ada juga air tawar. ada juag danau yang ketinggian diatas permukaan laut yaitu Danau periglasial. Danau ini yang satu-satunya yang berlapis es. sebab jalannya air keluar menutupi danau,dan ada juga danau buatan yang saat ini terpopuler di indonesia ,yang berfungsi untuk tenaga listrik,berenang, selancar angin dll.




Inilah danau yang berada di indonesia yang saat ini terkenal dan banyak wisatawan yang datang kesana .......

1. Danau Toba 


Anda taukan danau toba yang terkenal oleh donggengnya .....domggeng yang berjudul Malin kundang .Danau ini berumur kira-kira 77 tahun dan danau ini berukuran besar ,luasnya sekitar 1.130 km2 ,kedalamannya sekitar 529 km .Danau ini berasal dari letusan gunung berapi .danau ini terletak di provinsi sumatra utara ,dan danau tersebut memiliki pulau kecil yaitu pulau samosir.danau toba sangat banyak yang mengunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara .

2. Danau Towuti 


Danau ini berada di provinsi sulawesi utara .danau ini merupakan danau tektonik,luasnya adalah 561.1 km2 .danau ini yang terluas kedua .banyak yang berkunjung didanau ini ,sebab panoramanya yang indah ,bila anda berkunjung di danau ini tidak akan rugi .

3. Danau Poso



Danau ini adalah yang terbesar nomer 3 di indonesia.Danau ini memiliki cerita tentang Misteri danau poso yaitu kisah naga penunggu danau ( Lampu Danau ) . danau ini berjenis tektonik. Danau yang terletak diketinggian 657 meter ini memiliki pasir putih yang cantik sampai didasar tepi danau , panjang danau poso ini 32 km dan lebarnya 16 km .danau poso memiliki ikan yang unik dan beragam seprtihalnya ikan mujair,lele,nilam ,dll . tapi sayang ikan ini mulai punah sebab didaerah danau poso terdapat mega proyek PLTA ,oleh sebab itu ikan-ikan akan menjauh dari daerah setempat .

4. Danau Sentarum


Kita bisa berkunjung di danau sentarum ini yang berada di pronvinsi kalimantan barat .Danau ini sebagai musium di taman nasional sentarum pada bagian cekungan sungai kapuas hulu sekitar 700 km dari laut cina selatan .pada saat hujan kedalaman danau ini bisa mencapai 6-8 m . bila anda mau pergi di danau sentarum anda harus membutuhkan waktu 14 jam dari kota pontianak .jika danau ini surut ,danau ini akan terbentuk kolam-kolam kecil yang berisikan ikan-ikan kecil.
 
5. Danau Matano



Danau yang cantik ini dibirikan pada tanggal 24-04-1979, yang terletak di kabupaten Luwu Timur .Danau ini sebuah danau tektonik. Danau ini terletak di pronvinsi sulawesi ,umur danau ini sekitar 1-4 juta tahun yang lalu .luas danau ini 164,1 km2 .Danau tersebut dimanfaat untuk rekreasi dan wisata . banyak yang berkunjung di danau ini ,sebab danau ini memiliki panorama yang bagusdan sayang kita lewatkan .


6. Danau Jempang


Danau ini terletak dipronvinsi kalimantan timur (Kutai Barat).Luas danau ini sekitar 150 km2 , jenis danau ini adalah Floodplain .Danau ini terbentuk akibat sungai yang banjir ,yang menutupi daratan pada umumnya adalah lumpur dan pasir .

7. Danau Paniai



Danau yang indah ini terdapat di pulau Papua .luasnya sekitar 145 km2 ,dan kedalamannya sekitar 50 meter. jenis danau ini adalah tektonik.Di danau ini memiliki beragam jenis ikan dan udang .danau yang indah dan cantik ini memiliki ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut .Bila anda jalan-jalan di danau paniai jangan lupa menyantap hidangan menu udang selingkuh  sebab itu menu hidangan yang wajib di daerah tersebut.

8. Danau Rombebai








Danau ini terletak di pulau papua .danau in luasnya sekitar 13.749 km2 dan danau tersebut berjenis Floodplain. pontensi danau tersebut adalah adanya gas alam yang melimpah .Tapi sayang yang yang mengelola gas alam ini adalah dari perusahaan ekoplorasi minyak dan gas yang berbasis australia.

9. Danau Tempe




 Danau ini setiap tanggal 23 Agustus diselenggarakan Festifal tahunan .Danau ini terletak di pronvinsi sulawesi selatan . letak danau tempe selitar 7 km dari kota sengkang .luas 130 km2 jenis danau ini adalah teltonik. kedalaman danau tersebut sekitar 5 meter ., danau ini banyak yang mengunjungi karena pemandangan yang bagus dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya .Danau ini terletak dibagian lempeng benua Australia  Dan Asia.


10 Danau Semayang 


Danau ini memiliki manorama yang indah . Danau tersebut terletak di pulau kalimantan  ( Kalimantan Timur ) .lokasinya terletak di sungai mahakam . luasnya sekitar 130 km. kedalamannya sekitar 6 meter. jenis danau ini adalah Floodplain . Danau ini terdapat beberapa jenis ikan dan mayoritas penduduknya sebagai pengusaha ikan mentah maupun yang sudah olahan . Danau ini terdapat ikan pesut yang sejenis dengan ikan lumba-lumba .air tawar.








Jadi lestarikan kekayaan alam negri kita sendiri maupun dunia . sebab alam adalah aset yang tidak ternilai  harganya , sebab jika alam ini rusak kita tidak dapat melihat panorama alam disekitar kita .

jadi ,lestarikan alam kita semenjak sekarang dan nanti.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar