Kamis, 18 Juni 2015

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh





Jengkol adalah makanan favorit bagi masyarakat indonesia,makanan ini banyak yang suka karena bila dimasak empuk dan rasanya yang khas  .banyak banget olahan camilan bahan dasar dari jengkol .jengkol meskipun baunya sangat menyengat /tajam masih banyak yang suka kok.harga jengkol tidak main-main gaes harganya menyerupai harga daging wiiiihhhhhh gila bener ,sebab tanaman ini sanagt jarang ditemukan dan jarang dibudidayakan masyarakat ,oleh karena itu harga jengkol bisa melambung tinggi hanpir sama dengan harga daging .meskipun begitu masih banyak kok yang beli sayuran jenis   ini ,
Tapi jangan salah gaes jengkol terdapat zat-zat yang dimulai mineral,vitamin dan senyawa kimiawi alam yang dibutuhkan oleh manusia untuk memperbaiki organ bagian  dalam ,sehingga sayuran ini banyak yang menyukainya .tidak hanya itu saja jengkel kaya dengan vitamin A, B6, dan B12 dari masing-masing vitamin tersebut fungsinya tidak sama . ditambah lagi dengan pospor akan menjaga tulang-tulung biar tidak keropos .sayuran ini sangat baik untuk tubuh ,pengelihatan,sendi ,dan menjaga kestabilan tubuh.jengekol mengandung kalsium yang tinggi dan kadar proteinnya sangat melebihi protein tempe waahhhhh jengkol sangat  permanfaat banget ya gaes .meskipun bukan bahan pokok /bukan bahan kebutuhan tubuh meskipun begitu kaya dengan manfaat dan banyak yang suka dengan rasanya ,yakan gaes .


 Macam-macam olahan dari jengkol :












Wahhh banyak banget ya olahan-olahan dari jengkol ….ada yang direndang, digoreng dengan sampel,sambel balado ,dll masih banyak dehhhh olahannya hhhhh jadi laper nih .tapi kalau makan jengkol takutnya bau ,baunyakan sangat menyengat ,ada caranya kok menghilangkan bau pada saat memasak :



1.       Pada saat memasak jengkol anda harus memasukkan daun jeruk manfaatnya untuk menghilangkan bau pada dijengkol tersebut. Sehingga anda semua tidak terasa takut bau  pada saat memakannya .
2.       Rendamlah jengkol pada air yang tercampur dengan kapur manfaatnay untuk menghilangkan baunya yang menyengat tetapi tidak menguranggi rasanya .



Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi jengkol  ????????
Boleh kok gaes, ibu hamil mengkonsumsi jengkol karena mengandung banyak nutrisi baik untuk janin didalamnya , mencukupi kalsium untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada janin , Mencegah Osteoporosis pada ibu sebab janin memperloh kalsium pada tulang dan gigi ibu sehingga ibu mudah terkena osteoporosis,mencegah sembelit pada ibu hamil sebab jengkol terkandung banyak serat sehingga ibu hamil bisa BAB. Ibu hamil tidak boleh banyak-banyak mengkonsumsi jengkol sebab ,membahayakan pada ibu hamil karena jengkol terdapat  asam jengkolat yang bisa mengakibat kinerja ginjal semakin berat,sehingga ibu cepat kualahan dan mengeluh pada bagian pinggang . jengkol terdapat asam folat untuk menjaga kandungan ,membantu berkembang didalam perut  berjalan dengan lancer .



Sayuran ini banyak banget  manfaatnya dan tidak  diragukan lagi kasiatnya   tapi sayang gaes tidak banyak yang tahu tentang manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh ,tapi jangan kawathir gaes aku akan kasih  tau kok manfaatnya simak-simak ya gaes.............


1.       Untuk penderita anemia
Sayuran jengkol terdapat banyak zat untuk mengatasi anemia yang berperan untuk mengatasi kurangnya asupan sel darah .

2.       Untuk penderita diabetes
Jengkol terdapat zat asam yang bernama jengkolat yang berupa kristalan yang tidak akan larut di dalam air. Jengjol pada si penderita gagal ginjal tidak dibolehkan sebab ginjal tidak akan mampu menyaring zat asam jengkolat .dan parahnya lagi akan sulit buang air kecil.
  
3.   Untuk merampingkan perut
Jengkol juga bisa untuk peramping perut sebab jengkol mengandung serat untuk melancarkan BAB.semula tidak bisa BAB karena susah buang air besar jika anda mengkonsumsi jengkol buang air besar akan lancer.

4.       Mencegah tulang dan gigi keropos
Jengkol dapat mencegah tulang dan gigi keropos sebab terdapat kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh tulang,yang dapat mencegah tulang ostioporossi. Jika anda mengkonsumsi jengkol tulang anda akan kuat .

5.       Pembentukkan jaringan tubuh
Jengkol mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi bagaimana tidak jengkol dapat membentuk jaringan dalam tubuh kita ,sebab  terdapat terkandung protein .Dibandingakn dengan kacang kedelai dan kacang hijau proteinnya lebih banyak jengkol.

6.       Basmi radikal bebas
Manfaat jengkol untuk menangkal radial bebas sanggat ampuh banget karena mempunyai zat-zat radikal untuk mengatasi penyebab penyakit kangker.

7.       Mengontrol kadar gula  darah
Jengkol bisa juga mengatasi kadar gula darah karena dapat mengontrol kadar gula sangat baik untuk dikonsumsi yang mempunyai penyakit diabetes.zat gula akan otomatis terurai pada sayuran jengkol dan akan diubah menjadi energy didalam tubuh.

·         Gangguan kesehatan 
Jengkol mempunya biji yang sedikit  beracun .ada sebuah asam amino yang dapat menyebabkan keracuan biji jengkol. Gejala yang disebabkan keracuan biji jengkol adalah
1.       Kejang otot
2.       Pirai
3.       Rentensi urin
4.       Gagal ginjal akut

Jadi gaes jika mengkonsumsi sayuran iki jangan berlebihan ya sebab jika berlebihan efek sampingnya sangat tidak baik untuk tu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar