Jumat, 31 Juli 2015

Sejuta Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan maupun Kecantikan


 Tauge biasanya dimanfaatkan sebagai campuran masakan seperti tumis. Misalnya tumis tahu, tempe atau udang sering dicampur dengan tauge. Kecambah sendiri berasal dari biji kacang hijau dan bisa juga dari kacang kedelai  yang di biarkan sampai muncul akarnya . Kecambah sangat baik bagi kesehatan dan perkembangan tubuh, karena membersihkan darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar kita terlindungi dari penyakit. Dalam Naturopati, kecambah disebut sebagai obat karena memiliki sifat yang mempromosikan kesehatan. 


Kandungan gizi 100 gram  pada kecambah ,sangatlah banyak dan baik untuk kesehatan tubuh ,seperti 
  1. Energi 23 kal
  2. Protein 2,9 g
  3.  Lemak 0,2 g
  4.  Karbohidrat 4,1 g
  5.  Serat 1,0 g
  6.  Kalsium 29 mg
  7.  Fosfor 69 mg
  8.  Zat Besi 0,8 mg
  9. Vitamin A 10 IU
  10. Vitamin B1 0,07 mg
  11. Vitamin C 15 mg
  12.  Air 92,4 g.
Kandungan gizi yang terdapat pada taoge adalah vitamin A, B kompleks, C, E, serta mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino, dan protein . Sungguh banyak kandungan gizi yang terdapat pada kecambah . Inilah orang yang beralasan bahwa harus banyak memakan kecambah ,sebagai berikut 
  1.  Kecambah mengandung banyak enzim yang membantu proses pencernaan. Selain itu kecambah juga membantu penyerapan nutrisi dalam saluran pencernaan. Banyak kandungan serat yang terdapat pada kecambah yang mencegah konstipasi dan membuat pencernaan Anda semakin lancar.
  2. Kecambah ternyata mengandung beberapa enzim yang tidak dikandung oleh makanan lain. Selain itu kecambah juga mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan untuk memperbaiki organ tubuh, kulit, pertumbuhan tulang dan juga otot.
  3. Jika Anda menderita anemia, konsumsilah kecambah. Ini akan membantu produksi sel darah merah Anda dan juga memperbaiki sirkulasi darah.
  4.  Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, kecambah ini sangat baik karena memiliki kandungan zat yang bisa mengendalikan hormon pengatur nafsu makan. Ini akan membantu Anda dari makan makanan terlalu banyak.
  5.  Kecambah membantu menjaga kesehatan jantung. Kecambah merupakan sumber terbaik dari omega 3 dan bisa membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat pada tubuh. Ini akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan memperlancar peredaran darah sehingga jantung akan menjadi lebih sehat.

 manfaat kecambah sendiri untuk kesehatan banyak banget diantaranya ,
  1. Untuk kesehatan rambut 
  2. Untuk Kesehatan kulit 
  3. Untuk mencegah radang gusi 
  4. Untuk mengatasi menstruasi
  5. Baik untuk kesehatan kulit 
  6. Melancarkan pencernaan 
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
  8. Membantu mencegah ostioporosis
  9. Mencegah kangker 
  10. Mencegah serangan jantung dan strok 
Banyak bukan manfaat dari kecambah untuk kesehatan kita ,selain itu anda harus waspada terhadap kecambah ,jika tidak akan fatal ,seperti 
  1. Pada bagian lambung, sifat kecambah kacang hijau adalah dingin, bila terlalu banyak mengonsumsinya juga akan mudah merusak lambung (kedinginan). Karena itu, bagi orang yang kondisi lambung / limpanya dingin, tidaklah cocok bila mengonsumsinya untuk jangka waktu lama. Akan dapat menimbulkan radang usus akut, radang lambung akut, serta diare dan bagi penderita berbagai penyakit lain juga tidak dapat makan terlalu banyak.
  2. Pada pasien penyakit kangker payudara , wanita pengidap kanker payudara yang sedang menjalani terapi pengobatan dengan tamoxifen agar  membatasi konsumsi kecambah, apalagi yang mentah. Senyawa fitoestrogen dalam kecambah dapat menekan kerja tamoxifen. Artinya, kecambah hanya perlu dibatasi jika kita menderita jenis tumor atau kanker yang berkaitan dengan estrogen.
Dan anda harus waspada i jika membeli kecambah ,Waktu membelinya, harus dicium untuk memastikan tidak ada bau yang tidak enak. Bila ada baunya, jangan dibeli ataupun dimakan. Dan jika ada waktu, yang terbaik adalah membuat sendiri kecambah, cukup merendam bahan (kacang hijau, kedelai, atau lainnya) dalam air bersih agar dapat tumbuh menjadi kecambah. 

 Semoga bermanfaat untuk anda ,Terimakasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar