Selasa, 07 Juli 2015

Manfaat Tumbuhan Pare Untuk Kesehatan






Tumbuhan yang bernama peria ,yang lebih dikenal dengan nama pare ini biasanya digunakan untuk sayuran (Makanan) . Tanaman ini memiliki rasa yang pahit ,meskipun buahnya  memiliki rasa yang pahit tanaman ini banyak yang mengemarinya . Tanaman ini ditemukan di daerah tropis ,terutama di indonesia sendiri .Pare /Paria memiliki nama latin Momordica Charantia .
Diluar negri biasanya dijadikan tanaman obat untuk penyembuhan penyakit . karena tanaman ini kaya dengan kandungan yang sangat bagus untuk tubuh .Isi kandungan pada pare adalah 
  1.   Energi: 29 kal
  2. Protein: 1,1 g
  3. Lemak: 0,3 g
  4.   Karbohidrat: 6,6 g
  5.    Serat: 1,5 g
  6. Kalsium: 45 mg
  7. Fosfor: 64 mg
  8. Zat Besi: 1,4 mg
  9.   Vitamin A: 180 IU
  10.  Vitamin B1: 0,08 mg
  11. Vitamin C: 52 mg
  12. Air: 91,2 g.
Selain tanaman ini memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh ,tanaman pare bermanfaat untuk kesehatan , seperti 
  1. Mengobati penyakit asma
  2. Mengobati Gangguan pernafasan 
  3. Mengobati kantung kemih
  4. Mengobati penyakit ginjal 
  5. Melawan sel kangker
  6. Dapat menurunkan kolestrol tinggi 
  7. Menjaga kekebalan tubuh 
  8. Mengobati Diabetes 
Dan masih banyak lagi tentang tanaman ini untuk kesehatan ,bukan hanya itu saja  tanaman ini memiliki manfaat untuk kecantikan juga ,jadi jangan meremehkan tanaman yang satu ini . meskipun banyak manfaat tanaman ini memiliki efek samping yang sangat berbahaya untuk tubuh ,jika mengkonsumsinya terlalu banyak terutama pada ibu hamil , penderita diabetes  ,dan akan menjalankan oprasi .



Ibu Hamil dan Menyusui – Pare kemungkinan tidak aman ketika dikonsumsi selama kehamilan. Bahan kimia tertentu dalam daging dan biji-bijiannya dapat memulai menstruasi dan menyebabkan aborsi pada hewan. Tidak cukup diketahui tentang keamanan menggunakan pare selama menyusui. Tetap untuk sisi keamanan, lebih baik menghindari penggunaannya.
Penderita Diabetes – Pare dapat menurunkan kadar gula darah, namun hati-hati jika mengambil pare untuk menurunkan gula darah, karena menambahkan pare bisa membuat penurunan gula darah terlalu rendah. Memonitor kondisi gula darah dengan lebih hati-hati.
Akan Menjalani Operasi Bedah – Ada kekhawatiran bahwa pare bisa mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhenti mengkonsumsi pare minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.


Memang benar tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tetapi tanaman ini banyak yang tidak suka denagan rasa yang aneh ( pahit ) , meskipun tidak terlalu menyengat . Dalam tradisi masyarakat Indonesia, buah pare seing dikonsumsi karena dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI, menambah nafsu makan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.Banyak banget manfaat untuk tubuh dan kecantikkan bukan ,tapi anda harus memperhatikan efek samping yang terdapat pada tanaman tersebut.

Semoga bermanfaat untuk anda ,maaf jika artikel saya kurang dipadami , Terimakasih  .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar